Jasa Renovasi RumahJasa Renovasi Rumah – Setiap orang pasti memimpikan memiliki rumah sendiri. Anda pun tentu akan sering mencari desain rumah, jasa kontraktor rumah dan tips-tips untuk membangun rumah yang diinginkan. Tapi sayangnya, biaya membangun rumah tidaklah murah.

Jadi, Apabila Anda memutuskan untuk membangun sebuah rumah impian, pastikan jika budgetnya nanti mencukupi hingga prosesnya selesai. Tenang saja, biaya membangun rumah akan lebih hemat dengan menyewa jasa kontraktor.

Anda perlu berhati-hati saat memilih kontraktor. Karena banyak jasa yang tidak menyelesaikan bangunan hingga selesai. Dan akhirnya, rumah yang dibangun akan terbengkalai begitu saja.

Karena itu  sebelum menyewa, sebaiknya pastikan apakah jasa yang digunakan adalah jasa yang bertanggung jawab dan terpercaya atau tidak.

Jangan salah pilih jasa karena rumah impian Anda yang akan jadi taruhannya.Jadi sebelum memilih sewa kontraktor, sebaiknya ketahui dulu hal-hal yang akan mencegah Anda melakukan kesalahan dalam memilih jasa nanti.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyewa Jasa Kontraktor Rumah

Jika Anda tidak ingin rumah impian Anda pengerjaannya tidak selesai sampai ke tahap finishing, maka sebaiknya cari kontraktor terpercaya. Anda juga harus hindari beberapa kesalahan menyewa jasa kontraktor rumah agar dapat dijadikan pelajaran:

  1. Menentukan jasa kontraktor sendiri

    Banyak orang melakukan kesalahan dalam memilih jasa kontraktor karena mereka tidak meminta rekomendasi orang terdekat untuk mendapatkan jasa yang terpercaya dan berpengalaman.

    Jadi jangan menentukan jasa pembangunan rumah sendiri jika Anda belum mengetahui apakah jasa tersebut benar-benar bekerja dengan baik dan hasilnya juga memuaskan.

    Dan jika Anda mendapatkan rekomendasi jasa kontraktor dari teman, ini tentu akan memudahkan Anda saat proses negosiasi. Karena teman Anda akan menjadi jembatan untuk Anda dan jasa tersebut dalam melakukan tawar menawar.

    Jangan tergiur dengan kontraktor rumah yang Anda temukan di internet. Apalagi jika harga yang ditawarkan sangat miring. Sebaiknya pikirkan kualitas dari jasa tersebut sebelum memilihnya.

  2. Tidak meminta identitas jasa yang resmi

    Berhati-hatilah dalam memilih kontraktor rumah. Karena ini sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

    Meski nantinya Anda sudah mendapatkan rekomendasi dari teman atau keluarga, jangan lupa meminta identitas resmi dari jasa tersebut.

    Apabila memungkinkan, harus ada kontrak yang ditandatangani kedua belah pihak. Ini tentu akan membuat perencanaan pembangunan akan terlihat jelas.

    Jadi dalam memilih kontraktor tidak bisa jika hanya dengan modal percaya saja. Anda tetap harus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik jadi jika terjadi masalah nanti, penyelesaiannya bisa dilakukan sesegera mungkin.

  3. Tergoda dengan biaya yang murah

    Biasanya sebelum memilih perusahaan kontraktor, Anda akan membandingkan harga dari masing-masing jasa yang ditemui. Harga jasa yang murah pasti akan langsung dipilih.

    Padahal cara ini tidaklah benar. Jangan tergiur dengan harga yang miring. Anda harus curiga dengan material bangunan yang akan dipilih oleh jasa tersebut dan keahlian dari para pekerjanya.

    Kesalahan dalam memilih jasa kontraktor tentu akan berakibat pada hasil yang kurang memuaskan. Jadi jangan mudah tergoda dengan penawaran harga jasa yang murah meriah.

  4. Tidak memperhatikan background kontraktor

    Anda juga harus pastikan jika jasa yang akan digunakan nanti memang sudah jago di bidangnya apapun jenis rumah yang nantinya akan dibangun.

    Karena banyak orang memilih jasa kontraktor secara asal-asalan tanpa melihat background atau latar belakang dari jasa tersebut.

    Jika Anda tidak berhati-hati, bisa-bisa rumah Anda akan menjadi kelinci percobaan oleh mereka. Jadi sebaiknya lacak dulu riwayat rumah atau bangunan yang pernah mereka kerjakan.

    Anda harus pastikan apakah jasa tersebut memang berpengalaman sehingga mampu membuat rumah seperti yang Anda inginkan.

  5. Langsung tanda tangan kontrak

    Sebelum menandatangani kontrak, tentu Anda harus tahu dulu dengan isi dari perjanjian tersebut. Karena banyak orang yang terburu-buru menandatangani kontrak dan ternyata banyak yang mengalami kerugian.

    Jika terjadi masalh di kemudian hari, Anda tidak dapat meminta pertanggungjawaban dari jasa tersebut. karena di dalam kontrak tidak disebutkan untuk masalah tersebut.

    Jadi luangkan waktu sejenak untuk membaca isi perjanjian yang dibuat. Anda harus teliti satu per satu apakah isi kontrak tersebut sudah sesuai atau masih ada yang janggal.

    Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Jadi jangan terburu-buru nanti saat menandatangani surat kontrak.

  6. Ikut-ikutan saja

    Kesalahan selanjutnya yang biasa dilakukan orang-orang pada saat memilih jasa kontraktor adalah malas mencari referensi dan hanya ikut-ikutan tetangga.

    Padahal, sebelum membangun rumah, Anda tentu harus mengetahui budget yang dibutuhkan. Karena tidak setiap kontraktor akan memberikan harga yang sama. Penentuan harga didasarkan pada beberapa faktor nanti.

    Anda juga harus bisa lebih telaten dalam memilih jasa kontraktor. Jika tidak memiliki budget yang banyak, silahkan cari jasa yang menawarkan harga terjangkau saja.

    Coba selidiki dulu satu per satu kontraktor yang akan Anda gunakan. Catat dulu material yang mereka gunakan dan biayanya habis berapa nanti.

    Anda bisa survey lagi apakah hingga prosesnya selesai, biaya tetap sama dengan yang mereka ajukan atau tidak.

  7. Membuang resi pembayaran

    Saat membangun rumah, pastikan jika semua uang yang keluar dapat tercatat dengan baik. Anda juga harus menyimpan resmi pembayaran untuk material bangunan.

    Jangan malas melakukannya karena dengan cara ini Anda akan tahu berapa biaya total untuk proses pembangunan rumah.

    Tapi sayangnya, banyak orang yang malas dan menganggap jika resi pembayaran adalah sesuatu yang sepele. Padahal, ini dapat digunakan untuk mendapatkan jumlah total yang akurat.

  8. Berpatokan pada pembelian secara tunai

    Karena pembelian seringnya dilakukan secara tunai, akhirnya resi pembayaran jadi tercecer. Jika Anda termasuk orang yang kurang telaten dalam menyimpan resi, maka ada cara mudah untuk mengatasinya.

    Anda bisa gunakan transaksi elektronik. Ini akan membantu Anda untuk mencatat semua pengeluarannya nanti.

  9. Melunasi pembayaran secara terburu-buru

    Mungkin niat Anda baik sehingga langsung melunasi pembayaran. Tapi sayangnya, terkadang niat baik ini dapat menjadi celah untuk orang lain.

    Jika Anda melunasi pembayaran disaat rumah belum selesai pembangunannya, bisa saja uang tersebut dibawa kabur oleh jasa kontraktor tersebut.

    Solusinya, lakukan pembayaran secara bertahap. Jadi Anda bisa melakukan pembayaran yang pertama setelah pembangunan pondasi selesai dilakukan. Kedua setelah struktur bangunan. Dan terakhir setelah dinding berdiri begitu seterusnya.

  10. Lalai dengan kesejahteraan pekerja

    Banyak orang yang lalai dan tidak mengecek kesejahteraan dari pekerja saat membangun rumah impian. Karena Anda pasti akan beranggapan bahwa mereka sudah mendapatkan asuransi atau perlindungan dari jasa kontraktor tersebut.

Sebaiknya pastikan masalah perlindungan ini. Karena jika terjadi kecelakaan kerja, harus ada orang yang bertanggung jawab untuk itu.

Anda bisa percayakan proses pembangunan rumah impian bersama Jasa Bangun, Kontraktor dan Renovasi Rumah. Kami adalah jasa kontraktor rumah yang sudah berpengalaman dalam membangun rumah sesuai keinginan klien.